halo ^^

No 413-432 No 393-412 Semua (balik urutan) |

yuku@derianto : 2007-12-19 08:57:53 UTC+0000
diacu: >>415
>>401
Ga setujuuuu -> loh?
Kalo semua boleh dibagi2 gratis, mungkin sofwer dan karya2 lainnya ga akan
seberkembang skarang.
Kan ada banyak orang dan perusahaan yang niat bikin karya bagus justru
karena akan dapat duit dari penjualan. Kalo ga dapat duit, mungkin mereka
hanya kerjain yang mereka suka saja (misalnya hobi kode program, sedangkan
dokumentasi dan instaler yang bagus terabaikan). Duitnya dari mana dong?
yuku@derianto : 2007-12-19 09:00:06 UTC+0000
diacu: >>415
>>402
Kalo sofwer bebas dijual, pembelinya siapa kah?
Apakah orang yang ga mau kompel sendiri? (banyak sofwer bebas ga ada binarinya)
Apakah orang yang mau dukungan teknis?
Kalo gitu berarti pembelinya orang2 gatek dong?
Rin@derianto : 2007-12-19 17:00:17 UTC+0000
diacu: >>420
>>408
Asumsi pertamanya sih itu jawaban yang mengakui keberadaan 3 hal yg ditulis sebelumnya itu. Istilahnya "mengakui keberadaan" karena tidak ada hal yg bisa benar2 disebut "menyetujui", ini jenis balasan yang mirip dengan menganggukkan kepala saat diajak bicara atau menanyakan kabar walau ga benar2 ingin tau kabarnya.
Tapi ya aneh, karena 3 hal hanya dijawab dengan sepatah "iya", jadi jangan2 cuma menjawab yang terakhir, yang ada pertanyaannya (walau rhetoris)....


>>413 >>414
Untuk memperjelas, pada dasarnya saya setuju *konsepnya*, tapi karena bingung bagaimana memberi imbalan yang setimpal, jadi keputusan akhirnya *tidak setuju*.
Kalau buka wikipedia, ada tuh kutipan komentar orang2, dan kayanya banyak yg bilang bahwa pengetahuan itu harus gratis. Di sisi lain, saya juga setuju dengan prinsip komunisme, tapi masalahnya ya balik lagi ke masalah "imbalan yang setimpal tadi". Karena manusia itu hanya mau bergerak kalau ada imbalannya.
Bicara soal ini jadi teringat tentang "guild", dulu kata guru sejarah, di Eropa zaman dulu karena ada itu, orang diwajibkan membagi rahasia penemuan dengan sesama anggota, akhirnya tidak ada yang mau berinovasi, ini kan jadi mirip dengan yang disebut di >>401..

Jadi.... *setuju pahamnya tapi tidak setuju untuk dilaksanakan*.
derianto@derianto : 2007-12-20 03:47:04 UTC+0000
diacu: >>424
di amrik, apa yang pertama dilakukan orang2 ketika masuk mall?


-> liat directory

(makanya banyak orang berkerumun di directory)
derianto@derianto : 2007-12-20 03:51:02 UTC+0000
diacu: >>425 >>428
>>412
bisa sih ditanya, cuma hahaha ga bisa sih atau susah sekali
tercapai pertanyaan netral karena di indo kultur
"ibu itu melahirkan dan membesarkan anak" sudah cukup
kuat melekat...

gimana caranya dapet jawaban netral.

ini sama aja kaya nanya seseorang yang tumbuh lahir
bersama agama Kristen lalu tanya:
"lebih suka Kristen sto Islam?"

jelas ga akan bisa netral



untuk pertanyaan karir, ya kalo buat orang amrik sih bisa
ditanya, karena di sini kulturnya bebas.
derianto@derianto : 2007-12-20 03:52:42 UTC+0000
>>408

ku ga menjawab karena di post 404 ga ada pertanyaan
"iya" cuma sejenis placeholder untuk "ok" ^^
derianto@derianto : 2007-12-20 03:53:14 UTC+0000
>>406
ralat: MS visual studio ada deh unit test dan refactor dan lain-lain
tapi tetep ada fitur2 yang hilang dari eclipse..
derianto@derianto : 2007-12-20 04:00:31 UTC+0000
diacu: >>421
>>415
menarik juga...

iya sih, argumen *for* hak cipta, ialah supaya orang-orang
mau berlomba2 berinovasi :)

argument *against* hak cipta, ialah katanya kalo source code
dibuka ke publik biasanya programnya jadi fiturnya berkembang
pesat (seperti Eclipse) oleh kreativitas community.  jadi kalo
hak cipta-hak cipta-an masyarakat ga bisa turut mengembangkan.

sekarang ku ga tau deh posisiku ada di mana.

ku baru sadar bahwa ada jalan tengah, contoh:

*Microsoft Visual Studio add-ins*

Jadi MS Visual Studio tentu saja proprietary software yang
orang mesti beli mahal dan ga dikasi source code, dan ga boleh
diresdistribusikan maupun diubah-ubah.

tapi untuk tidak menutup kreativitas publik, MS Visual Studio
memberikan kesempatan pada orang-orang untuk membuat add-in.
jadi kita seperti bisa "menambahin fitur" gitu ke programnya.
misalnya ada tuh, ku download ada orang bikin refactoring
untuk C++, berguna juga :)

ide bagus!! ^^

apa mungkin *jalan tengah*nya begitu?

-> proprietary program yang sampai beberapa derajat
(to certain degree) bisa ditambah-tambahin fitur sendiri
dan diubah-ubah oleh si user?

pikiran-pikiran? (thoughts?)
Rin@derianto : 2007-12-20 04:34:29 UTC+0000
diacu: >>423
>>420
Jd inget, kalo ga salah si Gates pernah dituntut karena Plug-in ad hak ciptanya. Jd repot deh....

Yuku sila komen, karena ini dengernya dr yuku....
derianto@derianto : 2007-12-21 03:09:42 UTC+0000
UNDIAN, DISKON, etc males ah

biasanya abis beli-beli ku
- boleh ngisi undian apa gitu
- bisa ngisi apa gitu di internet yang nanti bisa dapet hadiah
- boleh ngisi form apa gitu yang nanti bakal dapet kartu diskon
5% yang bisa diperpanjang tiap taun ato gimana gitu dengan syarat


males ah skrg setiap ku ditawar2in gituan kubuang aja.
mungkin seandainya ku terima akan menghemat $50
tapi waktuku harganya $27.5 / jam dan kalo pusing ngurusin
urusan gitu-gituan produktivitas menurun, jadi kerugian tambah
$10 / jam
derianto@derianto : 2007-12-21 03:31:28 UTC+0000
diacu: >>426
>>421
yuku mana?

ternyata paling engga ada 2 kasus yang ku baru aja baca yang
menimpa Microsoft: (aslinya sih puluhan tiap tahunnya)

1. Microsoft dituntut sama company kecil yang mengklaim
bahwa *browser add-in* itu hak ciptanya mereka.  Wah ^^'' kacau deh
ya jelas company kecilnya kalah.  soalnya kalo mereka mengklaim
begitu artinya mesti perang juga sama Opera, Firefox, Safari, dll.

2. Add-in untuk MS Visual Studio yang bernama *TestDriven.NET*
dituntut sama Microsoft karena TestDriven.NET kok ternyata
bisa diinstall di MS Visual Studio Express, yang gratis.

jadi:
- MS Visual Studio - mahal mungkin $399
- MS Visual Studio Express - gratis, fungsi2nya minimal

MS Visual Studio bisa ditambah2in add-in dan kita malah bisa
membuat add-in sendiri untuk mengextend.  kalo MS Visual
Studio Express karena gratis ga boleh diextend, tertulis di
agreementnya.  nah tapi sepertinya TestDriven.NET melanggar deh?

bisa digoogle


eh yuku mana?  apa beda yang dimaksud?
yuku@derianto : 2007-12-22 10:40:16 UTC+0000
>>416
Berarti ada kemungkinan nih, yaitu:

1. sudah tau tujuan ke mol, jadi bukan buat jalan2 berkeliling.
2. orang2 ga bisa hapal letak toko yang mau dikunjungi, jadi harus liat direktori lagi.
3. mol terlalu besar.
4. tata letak mol terlalu rumit jadi terlalu susah bernavigasi
yuku@derianto : 2007-12-22 10:42:17 UTC+0000
diacu: >>428
>>417
Eh belom tentu loh, bisa berubah, misal orang dilahirkan memakai IE,
lalu tau FIrefox dan Opera, lalu ditanya lebih suka IE ato Firefox?
mungkin akan jawab Firefox :D

Ini rada ngawur ga sih?
yuku@derianto : 2007-12-22 10:58:46 UTC+0000
diacu: >>428
>>423
loh yuku mana? ada di depan komputer nih.
wah, kalo yang ekspres ga boleh dieksten, kenapa dibikin bisa yah?
kenapa fungsi addinnya ga dimatiin aja?

Oh beritanya dari sini toh
http://weblogs.asp.net/nunitaddin/archive/2007/05/30/microsoft-vs-testdriven-net-express.aspx

Tapi keliatannya cukup rumit dan ga ada berita yang cukup jelas untuk
dipahami dengan praktis.

Ku masih pake vs 6 loh, soalnya runtimenya ada di win2000 dan winxp dst,
jadi ga perlu dll lain2 lagi.

Loh apa beda apanya? Ku jadi bingung mu tanya apa.
yuku@derianto : 2007-12-22 11:05:25 UTC+0000
diacu: >>429
>>406
EH!!! Ko tau ga diundang interview google, dikabari kah?
Waduh, ko jadinya ke mikocok, eh nanti abis dari mikocok sapatau terpengaruh
dan jadi bahagia dengan produk2 mikocok?
Eh berarti ga ke indo lagi, kah?
Rin@derianto : 2007-12-22 13:33:28 UTC+0000
>>417 dan >>425
Sebenarnya sih bukan dilahirkan dengan apa, tapi lebih ke sekarang sukanya apa. Waktu itu pernah baca—tp lupa sumbernya dari mana, mungkin dr sini mungkin juga bukan—bahwa pengguna programming language yg berbeda pasti ga bs saling setuju, masing2 pasti akan menomorsatukan kesukaannya. Jadi ya kaya gini emang ga bs netral.....

>>426
Iya, bingung juga....
Tapi manggil mu soalnya inget mu yg cerita, tp lupa cerita persisnya bagaimana, jadinya minta agar narasumber menglarifikasi.
derianto@derianto : 2007-12-23 07:30:18 UTC+0000
>>427
karena diemail: maaf untuk saat ini tidak ada posisi yang cocok
yang sesuai dengan resumemu.  nanti taun depan kamu akan
mempertimbangkan lagi.

iya nih.  tapi di mikocok ku akan hanya belajar apa yg ku bisa
belajar.  akan tetap berusaha seobjektif mungkin :)

jadi summer 2008 ku ga pulang indo.  summer 2009 mungkin ga.
jadi mungkin sampai ketemu lagi 2010? :)
derianto@derianto : 2007-12-26 03:52:05 UTC+0000
i wish you a merry christmas and happy new year!
derianto@derianto : 2007-12-26 21:56:38 UTC+0000
diacu: >>433 >>436
So I have been staying in my far aunt's house in a town in East Bay since a week and half ago, since my school's dorm is closed during winter break.

And.... for various reasons (one big reason is I miss playing piano since there is no piano here), I created a virtual piano program. With this program, you can basically press keys on your keyboard and a note will sound. When you release the key, the note will stop. The neat feature is that you can also simulate piano pedal: just press and release the spacebar.

Finally I decided to extend the program so you can also change the instruments: you can play basically any MIDI instruments your device support.

Although the layouting of the keys follow that on the piano, I still find it difficult though to just play right away, because I tend to forgot: what does key "u" correspond to? What does key "b" correspond to?

So I draw piano keys in two sheets of paper. I place one on top of the first row of my keyboard and one below the last row. It helps me a lot!!
Now that I'm used to this position, I have played dozens of songs here in my new "piano" and improvize a lot too, with different instruments! I slept at 4 yesterday playing music.

Download it here:
http://www.stanford.edu/~derianto/shared/program/VirtualPiano.jar

Keys:
zsxdcvgbhnjm = C C# D ... through B, first octave
q2w3er5t6y7u = C C# D ... through B, second octave
i9o0p[=] BACKSPACE BACKSLASH = C C# D ... through A, third octave

spacebar = pedal
up arrow = previous instrument
down arrow = next instrument

There are lists of MIDI instrument code on the web. Some highlights:
0 grand acoustic piano
40 violin
73 flute
123 bird tweet

Issues:
It is known that the program may not produce any sound in some computers.
If it happens to you, I am sorry. I don't know yet what the cause is.

Different computers may produce different sounds. For example, my computer's acoustic grand piano sound may be louder and brighter than your computer's. It is normal, since different MIDI synthesizers produce different sounds.

Sometimes pressing many keys at the same time will produce an error beep instead of sounding a note. This may be caused by the internal working of the keyboard.

Legal:
MIT License
http://www.opensource.org/licenses/mit-license.php
Although I should insert "Copyright (c) 2007 Derianto Kusuma" there,
it means basically you are free to do anything with the program.

This is just for formality lol.

Enjoy...
KaReT@derianto : 2007-12-30 23:37:31 UTC+0000
halo^^

Kenalan dongg..

 

Kau akan ngepos secara anonim! Boleh2 aja sih, bahkan tulis nama dan sembarang paswod pun boleh. Tapi kalo mau daftar, klik daftar

Nama Pwd gp jsp (nol nol)+(tiga nam)= +img +coret

 

|

|

|

|

|

|

|

|

|

|

|

|

|

|

|

|

|

|

|

|

|

|

|

|

|

|

|

|